Definisi Internet





Apa itu Internet ?
  • Internet adalah suatu jaringan komputer global  (luas) yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang menggunakan jaringan komunikasi yang ada diseluruh dunia memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.
  • Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya secara aktif berpartisipasi sehingga membuat Internet menjadi sumber daya informasi yang berharga.
Keindahan  internet  adalah  perubahan  dan  pertumbuhan  yang  terjadi  setiap  saat.  Ini merupakan perkembangan dunia elektronik terbaru dibidang komunikasi dan pertukaran ide serta informasi.

Hal yang menarik yang dapat dilakukan di Internet : Dapat melakukan riset hukum , mendapatkan informasi dan tutorial yang lengkap, mendapakan program komputer gratis atau klip film atau gambar/lukisan, bertemu dengan orang diseluruh dunia, mengakses beberapa daftar lowongan kerja atau informasi karir dll.

Sejarah Internet
Awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan AS, pada akhir tahun 60-an. Dimulai dari sutu proyek yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang dibantu  oleh  UCLA,  Standford,  UC  Santa Barbara dan  University of Utah. Mereka berhasil menghubungkan 4 komputer di antara lokasi Universitas tersebut.

Pada tahun 1977  ARPANET  menghubungkan lebih dari 100 mainframe dan saat ini terdapat 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
Karena perkembangannya sangat pesat, Jaringan Komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan - jaringan regional yang terhubungseperti SuraNet, PrepNet, NearNet, AARNET, yang saling dikoneksikan bersama sebagai satu kesatuan dengan menggunakan TCP/IP Protocol.
Untuk  itu  konsep  tersebut  kini  disebut  sebagai  Internetworking  atau  dikenal  dengan  istilah
INTERNET.

Bagaimana Internet Bekerja ?




Jaringan komputer di Internet menggunakan bahasa komputer standar (secara teknis dikenal sebagai  PROTOKOL)  yang  memungkinkan  beragam  jaringan  komputer dan  komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi.

Hubungan ke Internet
Untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka perlu terhubung dengan host atau dengan kata lain harus terkoneksi dengan Internet Gateway.
Dulu di Indonesia komputer yang ingin berhubungan dengan internet   harus menjadi anggota Online Services yang letaknyanya di luar negeri, karena belum banyaknya host atau lembaga yang terkoneksi ke jaringan internet, hal itu memerlukan biaya yang cukup mahal untuk melakukan koneksi ke jaringannya.
Tetapi sekarang sudah banyak lembaga atau badan-badan baik pemerintah atau swasta yang terhubung dengan jaringan Internet.

ISP (Internet Service Provider)

Untuk melayani masyarakat yang ingin koneksi dengan jaringan internet maka harus menjadi anggota Online Services yang dikenal sebagai Internet Services Provider (ISP).
ISP adalah sutau perusahaan atau badan baik Pemerintah maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas atau jasa layanan koneksi ke jaringan Internet.
ISP ada yang bersifat tertutup dan Umum
Tertutup  artinya  Lembaga  /Badan  yang  hanya  melayani  atau  memberikan  fasilitas  Internet kepada jaringanlocal pada lembaga atau badan tersebut.
Contoh terdapat pada Departemen Pemerintahan, Lembaga penelitian dsb
Umum  artinya    Lembaga  /Badan  yang  melayani  masyarakat  umum  maupun  pribadi  atau
Lembaga
Contoh insprint.net, d-net, Indo.net dsb.

Layanan Aplikasi Internet
Banyak  layanan  aplikasi  di  internet  dan  masih  terus  berkembang  sesuai  dengan  pesatnya perkembangan teknologi.
Ada beberapa contoh layanan aplikasi Internet yang banyak digunakan seperti :

1. World Wide Web (WWW)
yaitu suatu layanan untuk mengakses informasi secara interaktif yang   berbentuk tampilan grafis atau teks. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang  digunakan  untuk  mengakses  suatu  informasi  yang  disimpan  pada  suatu  situs  web (website). Untuk menggunakan sarana ini dibutuhkan aplikasi Web Browse.

2. News-USENET
Digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi antar pemakai jaringan internet.
Aplikasi ini hampir serupa dengan suatu papan pengumuman, dimana setiap orang dapat mengirim, melihat dan menanggapi suatu berita atau topik diskusi dengan fasilitas yang hampir sama dengan e-mail. Topik diskusi  tersebut dipisahkan oleh group dan pemakai yang berminat dapat melihat isi diskusi pada newsgroup tsb.

3. Electronic Mail (E-mail)
Merupakan  aplikasi  pertama di  internet,  sebagai sarana pengiriman dan penerimaan surat, pesan, dokumen secara elektronik dengan pemakai lain di internet yang mempunyai alamat e- mail.

4. File Transfer Protocol (FTP)
Sebagai sarana untuk mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file.

5. Remote Login-Telnet
Telnet  adalah  suatu  aplikasi  remote  login  Internet  yang  memungkinkan  anda  log-in  atau menggunakan komputer yang berbeda di jaringan secara interaktif.

6. Teleconference
Merupakan  sarana  untuk  berkomunikasi  jarak  jauh  (telekonfrecing) antara pemakai  dalam bentuk suara ataupun gambar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arduino Mobil RC Bluetooth

Strata Sosial

Pengantar Komputasi Modern # (15 Soal dengan Jawaban)