Pengertian dan Konsep New Media


 


 


Apa itu New Media ?

New Media adalah suatu sarana atau alat komunikasi elektronik terbaru yang saling terhubung (terkoneksi) antara media satu dengan media lainnya dan dimana pun dapat mengakses sebuah informasi yang beraneka ragam . Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah internet.

Menurut para ahli:
New Media atau media online didefinisikan sebagai produk dari komunikasi yang termediasi teknologi yang terdapat bersama dengan komputer digital (Creeber dan Martin, 2009).

Definisi lain media online adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu (Lievrouw, 2011).

New Media merupakan media yang menggunakan internet, media online berbasis teknologi, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi secara privat maupun public (Mondry, 2008:13).

New media has had a profound effect on three of the most essential categories of society in the twenty-first century: economics politics, and the exchange of ideas.(http://www.newmedia.org/what-is-new-media.html)

Definisi lain mengemukakan, media baru merupakan digitalisasi yang mana sebuah konsep pemahaman dari perkembangan zaman mengenai teknologi dan sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas. Digital adalah sebuah metode yang kompleks dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. Digital ini juga selalu berhubungan dengan media karena media ini adalah sesuatu yang terus selalu berkembang dari media zaman dahulu (old media) sampai sekarang yang sudah menggunakan digital (modern media/new media)

Salah satu bagian dari new media adalah "Network Society". "Network Society" adalah formasi sosial berinfrastruktur dari kelompok, organisasi dan komunitas massa yang menegaskan bentuk awal dari organisasi dari segala segi (individu, grup, organisasi dan kelompok sosial). Dengan kata lain, aspek mendasar dari informasi teori ini adalah semua yang memiliki hubungan yang luas secara kolektivitas (Van Dijk, 2006:20) (repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/42287/4/Chapter%20II.pdf).

Contoh New Media di zaman sekarang yang sering kita jumpai yaitu seperti facebook, yahoo, youtube, instagram, google dan lain nya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arduino Mobil RC Bluetooth

Strata Sosial

Pengantar Komputasi Modern # (15 Soal dengan Jawaban)