Arsitektur Web & Aplikasi Utama


Arsitektur Web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan dengan melibatkan teknis, kriteria fungsional. Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.


1. HTTP

    HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi  oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan kelompok kerja Intenet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum saat ini. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hypertext, yang kemudian membentuk World Wide Web (WWW) pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama unutk melakukan transaksi. Dengan demikian HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-rulang.

2. HTML

    HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajahan web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan yang terintegrasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal, sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa SGML (Standart Generalized Markup Language). HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Saat ini HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Cailau TIM dengan Berners Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenawa)


3. Internet

     Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET. Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency). Diperkenalkan pada Oktober 1972, pada tahun 1981 hanya 231 komputer, tahun 1986 bertambah menjadi 2308 komputer dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993. Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Dilajutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja, sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET. Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan, bahkan miliyaran informasi atau data yang dapat berupa teks.
    Internet atau INTERnastional NETworking merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
    INTERconnected NETworking, sebuah sistem komunikasi global yang menghubungakan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang kelas atas atau di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal dipedesaan pun juga dapat mengakses internet.
    

4. Web Server

     Server Web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adaalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar platfrom, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.
    Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktek penggunaannya diperluas sebagai tempat penyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.
    Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna, melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan dan  untuk mentransfer seluruh aspek permberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait. Halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya.
     Pada umumnya server web telah dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP. Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas untuk publikasi web dalam WWW (World Wide Web), pada prakteknya server web banyak digunakan dalam perangkat keras seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditunjukan untuk menyediakan perangkat manajemen dan mempermudah pemakaian perangkat keras tersebut.


5. Browser

    Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
    Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinions at Urbana Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser mempunyai kemampuan dasar yang sama yaitu dapat membuka dan menampilkan konten atau dokumen-dokumen yang tersimpan pada sebuah web server. Proses komunikasi antara browser dengan web server sehingga dapat menampilkan konten tulisan dan gambar yaitu dengan menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).


6. Transactions Processing System (TPS)

    TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperi daftar gaji dan inventarisasi. Transaction processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan eksternal. TPS berkembang dari sistem infrmasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik. TPS mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/iventory. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Contoh : TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut pada SIM (Sistem Inforamsi Manajemen).
     

7. User Generated Content

     Komunikasi merupakan bagian integral untuk membangun hubungan serta berbagi pengalaman yang berarti secara bersama-sama. Internet diciptakan sebagai sebuah ide untuk mengambangkan peradaban dan berhasil menembus semua lapisan masyarakat untuk menyediakan dan bertindak sebagai metode komunikasi bagi umat manusia. Setelah sejumlah besar penemuan dan pengembangannya, User Generated Content menjadi wawasan yang bisa diperoleh dalam hidup kita UGC adalah sebuah informasi yang dipublikasikan kepada kontributor yang tidak dibayar dan dimasukkan kedalam situs website (searchcio.techtarget.com). Informasi tesebut dapat berupa foto, video, blog atau forum diskusi, respon jajak pendapat atau pun komen dilakukan melalui situs media sosial. UGC sangat diakui karena kemampuan untuk mengubah informasi menjadi fitur yang mudah diakses. Contohnya, di Indonesia dengan adanya website yang dapat membuka peluang untuk setiap anggota masyarakat dapat berkontribusi memberikan pendapat yang mendukung atau mengkritik pemerintah dalam hal demokrasi tersebut.
     

8. Blogs

    Blog adalah bentuk aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
    Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam posting. Sejarah Blog, media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999, karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs diakusisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang besifat opensource yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

9. Wikis

     Wiki adalah sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersbut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu. Wiki merupakan aplikasi yang berbasiskan wiki dan merupakan situs wiki paing populer saat ini.

10. Folksonomies

   Folksonomies adalah sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag dan mengkategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakan hyperlink yang akan mengarahkan anda pada sekumpulan item yang terhubung dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa teks, tetapi juga berupa imag. Sekumpulan tag yang terkait dengan persamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umumnya tag cloud memiliki 30-150 tag.

11. Sosial Networks

       Sosial Networks adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui sosial media atau situs jejaring sosial yang terdapat pada internet. Bisa akses dimana saja, kapan saja, dan tidak jarang juga orang-orang yang main situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat. Akan menjadi bermanfaat bila digunakan untuk tujuan yang baik.


Semantic Web Summary :

"Langkah yang pertama adalah meletakkan data pada Web dalam suatu bentuk sehingga mesin dapat secara alami memahami, atau mengubahnya menjadi format tertentu. Pembuatan ini yang kita sebut suatu Semantic Web- suatu data web yang dapat diproses secara langsung atau secara tidak langsung oleh mesin." (Tim Berners Lee, Weaving the Web, Harper San Francisco, 1990)
 Semantic Web Summary adalah pengembangan dari World Wide Web (WWW) dimana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari WWW Konsorsium sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan. Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu. Istilah Web Semantic itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners Lee, penemu Worl Wide Web. Sekarang, prinsip web semantic disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari WWW. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantic. Web Semantic menggunakan XML, XMLS, RDF, RDFS, dan OWL.

1. XML 

    eXtensible Markup Language (XML) adalah meta-language yang menerangkan tentang isi dari suatu document (self describing data) dan merupakan bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. Java = Portable Program, XML = Portable Data. XML tidak menerangkan tag set atau gambar dari XML itu sendiri. Menggunakan DTD (Document Type Definition) untuk menerangkan data. XML bukan pengganti HTML. XML juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali '<' dan diakhiri dengan '>'), tag penutup (diawali '</' diakhiri dengan '>). XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama digunakan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standar Contoh: paragraf, table, dan lain sebagainya.

2. RDF

    Resource Description Framework (RDF) adalah layer untuk merepresentasikan semantik dari isi halaman. RDF merupakan sebuah model sederhana untuk mendeskripsikan hubungan antara sumber-sumber daya yang merupakan properties dan values. Ditingkat yang paling sederhana, RDF adalah suatu bahasa yang XML-based untuk menguraikan sumber daya. Sumber daya seperti itu diakses melalui suatu Uniform Resource Locator (URL). Saat XML dokumen menyertakan meta data ke bagian-bagian dari suatu dokumen, satu penggunaan dari RDF adalah untuk menciptakan meta data mengenai dokumen sebagai kesatuan yang berdiri sendiri. RDF menangkap meta data dari suatu dokumen, seperti pengarang, tanggal pembuatan, dan tipe.

3. OWL 

     Web Ontology Language (OWL) adalah bentuk ontology yang memeang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax XML (eXtended Markup Language). Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS (XML Schema), RDF (Resource Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan OWL itu sendiri.
     OWL menyediakan 3 bahasa yang expressive yang dirancang untuk digunakan oleh komunitas user tertentu yaitu:
       1. OWL Lite, disediakan untuk pengguna yang secara prinsip memerlukan hirarki klasifikasi dan batasan sederhana. Sebagai contoh: jika menggunakan batasan kardinalitas, ia hanya mengijinkan nilai kardinalitas 0 dan 1.
        2. OWL DL (Description Logic), disediakan untuk pengguna yang ingin ekspresi maksimal untuk komputasi dalam artian semua kesimpulan dijamin computable dan desicable. OWL DL meliputi semua bahasa OWL dan mendukung reasoning.
        3. OWL Full, tersedia untuk pengguna yang ingin mengekspresikan bahasa secara maksimum dan syntaksnya bebas dari RDF dengan tidak ada jaminan bahwa ia computable. Sepertinya tidak ada software reasoning yang akan dapat digunakan untuk mendukung reasoning yang komplit dari setiap feature dalam OWL Full.
     Berwal dari ide dan visi dari web semantic. Komputer diharapkan mampu melakukan proses reasonings sebagaimana yang dilakukan manusia. Ontology merupakan bahasa untuk mesin yang digunakan untuk merepresentasikan suatu  informasi secara eksplisit. Ontology juga mendukung adanya reasoning, itulah mengapa OWL penting dalam mewujudkan visi web semantic.

4. Microformats

    Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian, kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi didalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran referensi, atau dikombinasi. Secara teknism hal-hal tersebut adalah bagian dari penandaan semantik yang hanya menggunakan standar "Plain Old Semantic (X)HTML"(yaitu POSH) saja dengan nilai "rel" dan satu set penamaan kelas yang umum. Mereka digunakan dengan terbuka dan tersedia bebas bagi siapa saja.

5. Microdata

    Microdata adalah spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik. Microdata adalah upaya untuk menyediakan cara sederhana annotating elemen HTML dengan tag dapat dibaca oleh mesin daripada pendekatan serupa menggunakan RDF dan Microformats.

Web Security (Perlindungan Web)

Merupakan suatu tata cara mengamankan aplikasi web yang dikelola, biasanya yang bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut. Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dri 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau CIA. Ketika bercimpung dengan keamanan (Security) sebuah website, prinsip CIA  sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk di serang.
  • Confidentiality, memiliki makna bahwa data-data atau informasi yang berada didalam sebuah website hanya bisa dibaca atau diakses oleh orang-orang yang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya.
  • Integrity, memiliki arti bahwa data-data yang berada didalam server atau website hanya dapat diubah ataupun didelete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu. Sebagai contoh, proses transfer dari server ke client, ternyata mengubah file yang sedang ditransfer tersebut, hal ini mengidikasikan bahwa sebuah aplikasi website yang sedang digunakan tidak aman. Sama halnya jika ada serangan sebuah virus yang dapa mengubah sebuah file, entah itu mengubah nama maupun isinya.
  • Availability, yaitu hanya user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat data tertentu yang tersimpan didalam server atau wesite, bahwa website dapat diakses jika user ingin menggunakannnya.





Referensi :

1. http://hilmandroid.blogspot.co.id/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama.html
2. http://www.ficripebriyana.com/2013/12/pengertian-http-html-url-www-ftp-dns.html
3. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
4. http://www.mandalamaya.com/pengertian-browser/
5. http://diioradhitya.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-web-server-browser-dan.html
6. http://www.komunikasi.us/index.php/course/3702-user-generated-content-ugc
7. http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
8. http://komputermylife-yourlife.blogspot.co.id/2013/06/arsitektur-web.html
9. https://yuhana.wordpress.com/2008/05/29/sekilas-tentang-web-ontology-language-owl/
10. https://tantanoxavia.wordpress.com/2014/05/07/aplikasi-utama-dalam-arsitektur-website-semantic-web-summary-xml-rdf-owl-microformats-microdata-dan-web-security/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arduino Mobil RC Bluetooth

Strata Sosial

Pengantar Komputasi Modern # (15 Soal dengan Jawaban)